Pecinta Bunga

Apa Sebenernya Buket Bunga


Buket Bunga merupakan susunan sejumlah kembang. Buket bunga dapat terlihat sebagai hiasan rumah atau bangunan dan hadiah untuk orang terkasih. Kalau di toko bunga online, buket bunga terdiri dari beberapa macam. Ada bunga meja dan buket tangan.

Karangan bunga tangan tersebut biasa diberikan waktu momen ulang tahun, anniversary dan pernikahan. Sedangkan untuk buket kembang yang ditaruh di meja, biasa dipakai untuk pemanis ruangan. Bukan hanya dikarang secara konvensional tapi juga modern. Susunan sering dihubungkan dengan simbol tergantung pada kulturnya.

Sejarah Karangan Buket Bunga

Susunan bunga untuk rumah punya sejarah yang lama di seluruh dunia. Contoh bukti terlama tentang rangkaian buket bunga datang dari zaman Mesir lama. Terdapat ukiran kuno yang berbentuk vas rangkaian kembang. Tidak hanya itu, terdapat juga bukti dari kerajaan Eropa lama tahun 2500 SM. Pada waktu tersebut mereka memakai lotus untuk hadiah.

Pada beberapa kultur, aktivitas mengarang bunga yang diturunkan sejak zaman kuno masih berjalan. Contohnya adalah Ikebana. Ini merupakan rupa kesenian mengarang kembang dari Jepang. Bahkan catatan terlama tahun 1445 mengenai rangkaian bunga asalnya dari Jepang. Kesederhanaan susunan garis merupakan nilai inti dari Ikebana. Dan ini menjadi contoh untuk seni merangkai kembang di Barat.

Baca juga : Bunga Yang Cocok Untuk Duka Cita

Seni menyusun bunga asalnya dibawa dari biksuni dan biksu Budha yang mempelajarinya ketika di Cina. Tapi saat itu seni ini masih simpel. Mulai dari sana barulah menjadi kompleks. Dengan memegang prinsip menyayangi kehidupan, termasuk pula kehidupan tumbuhan. Maka dari itu, cara memotong bunga untuk dijadikan menjadi buket juga tidak sembarangan.

Di daerah Eropa sendiri, seni merangkai buket bunga pertama kali didokumentasikan oleh orang Belanda, yang mana membuat lukisan karangan kembang yang indah. Rangkaian buket kembang ini sering digunakan sebagai dekorasi rumah di antara masarakat kaya.

Kembang jadi simbol untuk banyak kultur di belahan dunia. Di Cina bunga dapat menjadi simbol musim. Bunga plum putih melambangkan musim salju, kembang peach dan ceri melambangkan musim spring, bunga lotus  melambangkan musim summer, sedangkan bunga chrysantium mewakili musim fall.

Penggunaan Buket Bunga Pada Pernikahan

Di dalam perkawinan, dalam cara konvensional sang mempelai wanita akan memegang buket bunga pada upacara pernikahan. Karangan bunganya indah dan cantik seperti yang disediakan oleh toko bunga papan Surabaya.

Begitulah definisi dari buket kembang dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari dan sejarahnya. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

My Instagram